Tips menghindari cedera olahraga

Desember 10, 2016

cedera olahraga, cedera saat latihan, menghindari cedera

Cedera menjadi hal yang dekat dengan orang yangsuka berolahraga, bukan cuma bagi atlet profesional. Tapi juga bagi para atlet amatir bahkan orang awan pun punya resiko untuk mengalami cedera pada saat cedera. Dan akibat cedera bisa membuat kita tidak dapet melakukan aktivitas rutin, bahkan akibat dari cedera bisa membuat kita dikirim ke meja operasi.

Pada artiket sebelumnya pertolongan pertama pada cedera olahraga kami sudah menjelaskan bagaimana menangani cedera pada masa akut, agar cedera tidak menjadi lebih parah dan membuat penyembuhan terhadap cedera lebih lama.

Namun, mencegah lebih baik daripada mengobati, tapi bukan berarti cedera tidak dapat menghigapi kita. Karena resiko cedera pasti ada, namun dengan kemungkinan yang lebih kecil. Berikut tips agar terhindar dari cedera:

  1. Lakukan Metode Latihan Dengan Benar: Pemanasan sebelum latihan sangat penting, karena pada saat berolahrga otot akan bekerja lebih ekstra. Apabila tidak pemanasan maka otot akan kaget untuk menerima aktifitas yang berat, dan ini dapat menimbulkan cedera. Selain itu pemanasan harus dilakukan dengan benar. Karena pemanasan yang salah sama akibatnya, dapat menimbulkan cedera.
  1. Gunakan Material Yang Memadai: Penggunaan meterial yang salah, seperti sepatu yang tidak memadai dapat membuat persentase untuk kita mengalami cedera lebih besar. Maka sesuaikan keadaan lapangan dengan material yang kita gunakan. Sepatu yang memiliki sol tipis sangat berbahaya untuk jangka panjang apabila digunakan di permukaan yang keras.
  1. Fasilitas Harus Memadai: Ketika kita berolahraga, perhatikan lah fasilitas yang kita gunakan. Seperti lapangan, dan alat-alat lainnya. Dan lapangan harus memenuhi syarat atau tidak asal, karena cedera tidak hanya dampak pada hari ni. Tapi juga mempengaruhi hari tua kita.
  1. Psikologi: Ketika kita berolahraga, ubahlah mindset kita ke arah yang positif. Karena sedikit banyak psikologi mempengaruhi cedera. Jangan pernah berfikir bahwa cedera akan mudah terjadi pada kita, karena mindset yang salah akan membuat cedera akan lebih mudah terjadi pada kita.
  1. Perhatikan Kondisi Tubuh: Ada istilah yang dikenal dengan "overuse", yaitu ketika kita menggunakan otot atau segmen otot secara berlebihan. Sehingga menimbulkan cedera. Maka dari itu perhatikan kondisi tubuh, sekira nya tubuh sudah tidak dapat melakukan olahraga lagi, makan jangan dipaksakan.

Apabila poin diatas diperhatikan, maka resiko kita untuk mengalami cedera akan lebih sedikit. Walaupun resiko cedera akan tetap ada, namun tidaklah banyak.
Semoga tips yang sedikit ini bermanfaat bagi para pembaca, Salam Olahraga :D

You Might Also Like

0 komentar

Twitter

Pinterest

Youtube