Cedera saat latihan? Lakukan ini!

Desember 09, 2016


Pada kesempatan kali ini saya akan bahas tentang penangan pertama pada cedera olahraga, memang ini adalah hal kecil yang luput dari perhatian. Padahal, ini adalah fase penting apabila kita mengalami cedera, semoga tulisan yang singkat ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Sebenarnya penangan cedera olahraga tergantung kepada cedera yang dialami oleh orang tersebut, apabila cedera ringan seperti strain derajat 1 atau sprain derajat 1. Maka dengan istirahat yang cukup dan dengan metode rice cedera tersebut akan segera sembuh. Namun lain halnya dengan cedera yang parah, seperti strain derajat 3 ataupun sprain derajat 3 atau mengalami fraktur. Namun pada dasarnya semua sama pada penangan pertama bila mengalami cedera olahraga, tapi apabila cedera parah sebaiknya langsung dibawa kepada yang ahli. Apabila tidak begitu parah, maka bisa dengan menerapkan metode berikut:

Apabila mengalami cedera, maka terapkanlah metode RICE: Rest Ice Compression Elevation, namun belakangan banyak juga yang menambahkan Protection.
1. Rest: Setelah mengalami cedera segera lah mengistirahatkan bagian tubuh yang cedera, karena apabila olahraga tetap berjalan. Maka akan menambah parah cedera.
2. Ice: Setelah itu beri es pada bagian yang mengalami cedera, diberi es agar efek nyeri yang dirasakan setelah mengalami cedera. Selain itu juga agar tidak terjadi pembengkakan yang semakin parah.
3. Compression: Compression adalah beri tekanan dengan kainberguna untuk menghentikan aliran darah yang berlebihan pada saat cedera serta mengurangi cedera.
4. Elevation: Setelah itu bagian tubuh yang cedera diistirahatkan dan diberi bantalan. Agar bagian yang cedera lebih tinggi daripada jantung. Agar aliran darah yang kembali ke akan lancar.

Sesaat setelah cedera hindari melakukan:
-Pemanasan / gerak yang berlebihan
-Massage 
Karen apabila melakukan hal tersebut akan menimbulkan efek panas, efek panas sendiri akan membuat pembuluh darah melebar dan memperbesar pembengakakan. Karena apabila semakin parah bengkak maka akan semakin lama proses penyembuhan.
Setelah nyeri hilang baru dianjurkan untuk melakukan pamanasa, apabila nyeri muncul kembali jangan dipakasa dan segera hentikan pemanasan.

You Might Also Like

0 komentar

Twitter

Pinterest

Youtube